INFOGRAFIS

header ads

Mahasiswa Teknik UHO Membuat Aplikasi Pendeteksi Banjir di Android

Indra Fransiskus Alam, pembuat aplikasi pendeteksi bencana banjir. Foto Fajrimus Musabir
LPM URITA, Kendari – (Sabtu, 23/12/2017) Mahasiswa Teknik Informatika Unversitas Halu Oleo  (UHO) yakni Indra Fransiskus Alam membuat sebuah Aplikasi untuk mendeteksi dini bencana banjir. Aplikasi ini bernama PELAJAR (peduli banjir kendari) menggunakan aplikasi android sebagai sarana utama penyebaran informasi.

Aplikasi ini diciptakan oleh tim yang terdiri atas Indra Fransiskus Alam, Siti Hartina, Fitria Arifin Uyun, Umar Ramdani, dan Nur Ardila. Mereka adalah Mahasiswa Jurusan Teknik Informatika angkatan 2014, dan mulai di gagas pada tanggal 8 Desember 2017.

“Aplikasi ini masih dalam tahap penyempurnaan dan butuh waktu sekitar 1 bulan untuk menyelesaikannya. Tutur Indra Fransiskus Alam yang akrab di sapa Indra.

“Dan dorongan utama kami adalah karena prihatin dengan bencana banjir di kota kendari, secara umum banjir memang sering terjadi di Indonesia. Dan usaha mengantisipasi banjir itu sendiri masih kurang optimal.Lanjut Indra.

Langkah awal untuk mengoperasikan aplikasi ini dengan mendownloadnya terlebih dahulu, setelah itu akan muncul menu sebelum banjir, paska banjir, dan setelah banjir. Menu sebelum banjir akan member tips-tips yang perlu di lakukan jika akan terjadi bencana banjir, menu paska banjir akan memberi pemberitahuan otomatis  jika akan terjadi banjir, karena telah diletakan alat pada tepian sungai yang dapat mendeteksi jika ketinggian air sudah melewati batas normal, sedangkan menu setelah banjir dapat mengubungkan masyarakat yang ingin memberi bantuan pada korban bencana.


Penulis             : Fajrimus Musabir

Editor               : Amal Buchari

Post a comment

0 Comments