INFOGRAFIS

header ads

Mahasiswa KKN UHO Adakan Sosialisasi Bahaya Narkoba di SMA

Foto bersama Mahasiswa UHO, kepolisian dan sebagaian peserta Sosialisasi Bahaya Narkoba. Foto Anjas
Bahaya narkoba telah menjadi ancaman bagi generasi muda Indonesia. Tidak hanya bagi muda-mudi putus sekolah yang menjadi saasaran, para pengedar kini mulai menjajalkan narkoba ke kalangan pelajar. Demi menciptakan lingkungan sekolah yang siaga dini terhadap bahaya narkoba, mahasiswa KKN UHO 2018 posko desa Lamoluo, Mata Langara dan Lantula kecamatan Wawonii Barat bersama Kepolisian setempat adakan Sosialisasi Bahaya Narkoba di SMA Negeri 1 Wawonii (Rabu, 21 Februari 2018).

Kegiatan dimulai pukul 09:00 WITA,Kepala SMA Negeri 1 Wawonii, Rosida Asnal S.pd yang menyempatkan hadir dipercayakan membuka kegiatan secara resmi. Disela-sela penyampaiannya, Mantan Aktivis KOHATI ini menghimbau kepada puluhan perwakilan siswa peserta sosialisasi agar dapat menularkan ilmu yang didapat kepada siswa lainya.

“ Kalian adalah sebagaian kecil karena jumlah kalian sebenarnya adalah 385 orang. Tugas anda, tanggung jawab anda, ilmu yang anda peroleh hari ini, anda tularkan ke teman-teman anda. Anda ingat bahwa kita sangat berdosa, ketika mengetahui sesuatu tapi tidak kita tularkan ke orang lain. Jadi kita harus menularkan, kita harus menjadi virus-virus terbaik jangan menjadi virus-virus perusak.” Tegas Rosida Asnal S.pd.

Berlangsungnya sosialisasi para siswa diperkenalkan tentang sejarah penggunaan narkoba, jenis-jenis dan dampaknya serta perundang-undangan yang mengatur penggunaan narkoba. Salah satu pemateri, Dede  memaparkan bahwa diperlukan keterlibatan semua pihak dalam memberantas penyalahgunaan narkoba.

“ Untuk memberantas penyalahgunaan narkoba kita tidak boleh hanya membebankan pemerintah, karena itu tugas kita semua, tugas masyarakat bahkan tugas keluarga. Jika ada yang diduga menyalahgunakan narkoba harus segera melapor kepada yang berwajib.” Tegas Dede mahasiswa Fakultas Hukum UHO.

Menjelang penutup acara sosialisasi, KASAT BINMAS POLRESTA Kendari, AKP Nurdin  yang menyempatkan diri hadir memberi sedikit wejangan kepada peserta bahwa jika ingin lanjut kuliah, para siswa tidak boleh menggunakan narkoba.

“ Apapun alasannya kita tidak boleh menggunakan narkoba, sekali mencoba maka hancurlah kita, kita akan susah keluar. Apa lagi ade-ade di sini pasti ingin kuliah. Kalau mau kuliah tidak boleh menggunakan narkoba. Sebab sekarang ini, entah mau jadi mahasiswa,mau jadi pegawai, mau jadi polisi, mau jadi apa saja, terlebih dahulu harus di tes bebas narkoba.” Tegas AKP Nurdin.

Reporter : Wahid Ode

Post a comment

0 Comments