INFOGRAFIS

header ads

Review Buku : Sastra Liar Masa Awal Resistensi Kaum Pergerakan


Judul         : Sastra Liar Masa Awal: Resistensi Kaum Pergerakan
Penulis      : Agus Sulton
Penerbit    : Kendi, 2017
ISBN        : 978-602-73244-8-0
Ketebalan : xviii+145 hlm

Buku ini memuat pergolakan kaum kiri Indonesia di masa kolonialisme. Kondisi sosial masyarakat indonesia yang terkungkung oleh budaya sujud jongkok kepada kaum kolonial maupun para bangsawan pribumi mendorong kaum kiri untuk memberangus budaya sujud jongkok ini. Politik penyadaran dicanangkan, salah satunya melalui karya sastra.

Masyarakat indonesia yang didominasi oleh kaum kromo, dalam buku ini kaum kromo diartikan sebagai masyarakat miskin yang tak berpendidikan. Agar politik penyadaran melalui karya sastra efektif, para sastrawan kiri seperti Mas Marco, Semaun dan Soemantri memilih menggunakan bahasa pasar. Bahasa pasar merupakan bahasa keseharian kaum kromo.

Novel kiri "Rasa Merdika" karya Soemantry banyak di ulas dalam buku ini. Rasa Merdika sebuah karya sastra yang menjadi alat penyadaran kaum kromo di masa kolonial berkuasa. Buku Sastra Liar Masa Awal: Resistansi Kaum Pergerakan memperlihatkan bahwa sastra menjadi salah satu alat efektif untuk penyadaran yang mendukung perlawanan bangsa indonesia terhadap kaum kolonial (Penjajah).

Marx LAW

Post a comment

0 Comments