INFOGRAFIS

header ads

Himas D-III Sipil UHO Peduli Banjir Moramo Utara

Foto bersama korban banjir di pengungsian. Foto Idul.


LPM URITA, Kendari - Duka yang menyelimuti masyarakat desa Lamokula, kec. Moramo utara, kab. Konawe Selatan yang terkena bencana alam (banjir) beberapa hari lalu membuat berbagai komunitas/mahasiswa turut andil dalam meringankan beban korban banjir. Tidak terkecuali, Himpunan Mahasiswa D-III TEKNIK SIPIL(HIMAS D-III) PPV UHO, Sabtu (30/6/2018) ikut turut memberi bantuan.

Banjir yang mengakibatkan kerusakan area pertanian dan rumah masyarakat setempat, setidaknya melenyapkan rumah 96 KK yang terendam banjir dengan penduduk 376 orang, mengharuskan korban mengungsi di salah satu gedung sekolah desa Lamokula.

HIMAS D-III PPV UHO yang turun kelokasi langsung dan membantu korban bencana alam (banjir) tersebut dengan memberikan sumbangsi materi berupa sembako dan kebutuhan rumah tangga lainnya.

Desa lamokula memang sudah menjadi langganan banjir beberapa tahun terakhir, untuk 3 tahun terakhir banjir tahun ini merupakan banjir terparah.

“Ibu kepala desa setempat memberikan penjelasan kepada kami bahwa bencana alam ini memang sering terjadi setiap tahunnya, tetapi yang terjadi dibulan juni ini merupakan bencana alam terbesar yang melanda wilayah kami.” Beber Idul Adha Zulhijja Ahmad sebagai Ketua HIMAS D-III PPV UHO, via whatsapp, menjelaskan hasil diskusi bersama Kepala Desa.

Disisi lain masyarakat mengharapkan ada penanggulangan bencana lebih serius dari pemerintah daerah, sebagai upaya menyelesaikan persoalan banjir di Desa Lamokula.

“Semoga banjir tahun ini yang terakhir kalinya. Kami juga sangat mengharapkan agar pemerintah setempat atau pun pemerintah daerah terketuk hatinya untuk mengantisipasi bencana alam ini, guna terwujudnya kehidupan yang harmonis untuk kami, sehingga cepat terselesaikan persoalan banjir ini.” Lanjut Idul.

Masyarakat setempat sangat tersentuh dengan adanya bantuan materil serta menyampaikan keluhan yaitu, sangat mengharapkan bantuan air bersih untuk dapat beraktifitas kembali dan membersihakan rumah yang terendam banjir serta lumpur yang tertinggal di rumah korban banjir.

”Kegiatan yang dilakukan selain memberikan sumbangsi yaitu membantu masyarakat membersihkan rumah yang terendam banjir. Tapi tidak lama, karena air bersih tidak tersedia dan menghambat akifitas untuk membersihkan rumahnya. Karena hanya rumah sekarang menjadi prioritas untuk dikerjakan.” Tutup Idul.

Kegiatan yang diberi nama "Peduli korban banjir Lamokula Konawe Selatan Sulawesi Tenggara", mengumpulkan dana dari Sumbangsi dari masyarakat himpunan.


Reporter          : Rahman Listanto
Editor              : Amal Buchari