INFOGRAFIS

header ads

Rayakan HARLA PANCASILA, BEM TEKNIK Terbangkan 73 Lampion di Tugu UHO


Suasan Penerbengan 73 Lampion di Tugu UHO. Foto Budi

LPM URITA, Kendari – Ada pemandangan berbeda yang nampak pada pertengahan malam (Sabtu, 02/06/2018) di tugu Universitas Halu Oleo. Puluhan mahasiswa Teknik melingkari tugu sembari menerbangkan 73 lampion dalam rangka memperingati 73 tahun Hari Lahir (HARLA) Pancasila.

Penerbangan 73 lampion ini merupakan salah satu rangkaian acara pada kegiatan perayaan HARLA Pancasila yang dihelat oleh Badan Eksekutif Mahasiswa Fakultas Teknik (BEM FT) UHO.

Ketua panitia kegiatan, Esraimta Tarigan menuturkan bahwa rangkaian kegiatan peringatan HARLA Pancasila oleh BEM Teknik UHO terdiri dari beberapa item kegiatan dan bertujuan untuk menanamkan kembali nilai-nilai Pancasila sesuai Pidato 1 Juni Bung Karno.

"Kegiatan ini selain untuk memperingati hari lahir pancasila pada 1 juni 1945 tetapi juga untuk menanamkan nilai-nilai Pancasila sesuai Pidato 1 Juni Bung Karno di tataran mahasiswa. Dan terdiri dari dialog pancasila, pembacaan puisi, pawai lilin dan ceremonial penerbangan 73 lampion sebagai simbolis merayakan lahirnya pancasila yang dicetuskan oleh Bung Karno pada 73 tahun silam." Tutur Esraimta Tarigan selepas kegiatan.
Lampion Berterbangan di Langit Tugu UHO. Foto Budi
 Sebelumnya pada saat dialog pancasila berlangsung, Kawan Memes dipercayakan membawa materi. Dalam materinya, alumnis universitas Muhammadiyah Kendari ini menjelaskan Pancasila sejak zaman orde baru hingga sekarang telah dilencengkan.

"Sejak zaman orde baru hingga reformasi nili-nilai pancasila dimundurkan atau tidak sesuai pidato 1 Juni Bung Karno. Untuk itu kita harus mempelajari ulang Pancasila, kita harus bandingkan isi pidato 1 Juni Bung Karno dengan Pancasila yang diajarkan di kampus-kampus maupun yang diajarkan pada sosialisasi 4 pilar MPR RI." Jelas Memes.

Reporter : Wahid

Post a comment

0 Comments