INFOGRAFIS

header ads

Apa Kabar UKM Pers UHO ?

Sumber : kompasiana.com
Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Pers merupakan salah satu wadah untuk menampung dan mengembangakan minat bakat mahasiswa dalam bidang jurnalistik. Aktivitas Pers biasanya menghasilkan produk jurnalistik baik berupa cetak (koran,majalah,buletin), audio (Media radio) dan audio visual (Media televisi). Berkat hadirnya internet, produk jurnalistik pun dapat disuguhkan dalam bentuk online. Pada umumnya Pers kampus di Indonesia dewasa ini lebih banyak menyuguhkan produk jurnalistiknya dalam bentuk cetak dan online. Olehnya itu Pers Kampus tidak bisa dipisahkan dari aktivitas tulis menulis.

Kembali ke kalender tahun kemarin tepatnya pada tanggal 21 Desember 2017, seluruh pengurus kelembagaan mahasiswa tingkat universitas resmi di lantik langsung oleh rektor UHO, Prof. Dr. Muhammad Zamrun F.,S.Si.,M.Sc. Salah satu struktur pengurus yang dikukuhkan yakni UKM Pers UHO. 
UKM Pers UHO ... ? Apa benar-benar ada ... ?
Barangkali banyak pihak yang tidak mengetahui adanya sebuah UKM Pers di dalam kampus UHO. Normalnya dalam sebuah universitas UKM pers merupakan kelembagaan kampus yang paling familiar bagi mahasiswa. Sebab aktivitas kesehariannya tidak lepas dari kegiatan publikasi seputar informasi kampus. Dan tak jarang UKM Pers juga digunakan sebagai media untuk mengkritisi kebijakan birokrasi kampus yang tidak pro Mahasiswa.

Memang benar-benar aneh bin ajaib ...! Di era penggunaan  internet yang merajalela seperti sekarang ini, mencari seputar informasi UKM Pers UHO di pencarian Google bak mencari jarum dalam tumpukan jerami. Mengetik kalimat “UKM Pers UHO” di Google hasilnya tak ada satu pun artikel yang mengupas seputar keberadaan UKM Pers UHO. Beda halnya ketika kita mengetik “UKM Pers Unifa” (Universitas Fajar Makassar) di pencarian Google maka di hasil pencarian akan muncul kertasonline.com. Kertas Online merupakan produk jurnalistik UKM Pers Unifa. Begitupun ketika kita mengetik “UKM Pers Unhas” (Universitas Hasanuddin), hasil pencarian akan munncul www.catatankaki.info (produk jurnalistik UKM Pers Unhas).

Tak hanya mencari di Google, demi mengorek informasi keberadaan UKM Pers UHO penulis sendiri turut melakuan pencarian di Facebook. Ketika menulis kalimat “UKM Pers UHO” di pencarian Facebook maka akan muncul beberapa kiriman publik  beberapa akun berupa kiriman status “ pelantikan UKM Pers UHO tertanggal 21 Desember 2017, silaturahmi UKM Pers UHO tertanggal 1 Januari 2018 dan Rapat kerja UKM Pers UHO tertanggal 9 januari 2018 ”. Tak ada satupun kiriman-kiriman yang mengindikasikan adanya produk-produk jurnalistik UKM Pers UHO baik cetak maupun online.

Saat ini kalender tahun sudah menunjukan pertengahan 2018. Periode kepengurusan kelembagaan mahasiswa lingkup UHO ikut pula memasuki usia setengah periode. UKM Pers UHO belum ada sama sekali lampu hijau akan merilis produk jurnalistiknya. Dari berbagai postingan akun facebook, para anggota UKM Pers UHO seakan terlihat memahami aktivitas Pers hanya sebatas ngumpul, foto bareng kemudian meng-update status di media sosial dengan judul status UKM Pers UHO. Atau kah memang UKM Pers UHO merupakan manifestasi UKM Pers Jaman Now ? Yang dikenal bukan karena produk jurnalistiknya melainkan karena update-an status media sosial para anggotanya yang menandakannya sebagai bagian dari UKM Pers UHO.

Menurut Yosep Stanley Adi Prasetyo Anggota Dewan Pers periode 2013-2016 mengungkapkan Pers Mahasiswa Idealnya bisa berperan sebagai alat bagi mahasiswa untuk berlatih menuangkan pikiran, menajadi alat komunikasi antar civitas kampus dan mengembangkan pendapat kampus, untuk menegakan nilai-nilai dasar demokrasi dan menghormati keberagaman,menyampaikan kritik dan koreksi serta memperjuangkan keadilan dan kebenaran (hasil wawancara presma.org 24/11/2015). Berdasarkan uraian tersebut mengisyaratkan bahwa produk jurnalistik harus mutlak dimiliki oleh UKM Pers kampus. 

Penulis : Pena Hitam


Post a comment

0 Comments