INFOGRAFIS

header ads

Mengungkap Tabir Misteri Dunia Kampus


Sumber Gambar : Becker Medical Library

Kampus dan segala apa yang ada didalamnya ternyata menuai banyak misteri, saat itu kita dituntut untuk menjadi petualang yang nggak gampang mengeluh, insan penyabar menjadi seorang pejuang, petualangang mampu menyelesaikan masalah sesulit apapun itu. Layaknya harta karun yang menunggu seorang kesatria handal untuk kemudian mampu menerobos segala bentuk rintangan untuk memilikinya.

Terdapat banyak hal yang jadi perbincangan para calon mahasiswa baru ketika dinyatakan lulus di kampus yang didaftarnya, ada yang unik dengan kata-kata sambutan terhadap mereka seperti “Selamat datang mahasiswa baru atau selamat bergabung di dunia nyata, entah sebenarnya seperti apakah dunia kampus itu? ini berarti dunia yang mereka jalani sejak kecil hingga kini bukanlah dunia yang sesungguhnya atau bagaimana? Ataukah dunia kampus adalah bentuk dunia baru dengan tata surya sendiri misalnya, ataukah kata beberapa kalangan mahasiswa bahwa ini merupakan sebuah proses dimana seorang insan akan mengenal seperti apakah makna kehidupan dan bagaimana cara menjalaninya, dimana Sang Mahasiswa akan hidup jauh dari keluarga dan bagaimana menejemen waktu dengan keuanganya atau ada alasan lain, entah?

Lain dari itu terdapat juga sebuah misteri yang tentu akan menunggu jawaban bagi mereka yang sanggup membukanya dimana apa sesungguhnya makna Maha dari kesiswaan bagi mereka yang menuntut ilmu di dunia kampus? apakah makna mahasiswa ini sudah benar-benar terelisasi, karena itu para mahasiswa sebarunya  mampu menjadi contoh yang baik ditengah pelajar ataupun masyarakat sekitarnya, namun ini bukanlah sesuatu yang sepele ketika mereka harus saling memahami antara sifat dan kemauan para birokrasi dengan apa yang ada dalam benak mereka agar terjalin hubungan yang baik agar terjalin hubungan yang baik karena tak jarang hal seperti ini seakan menjad perihal yang tak dapat dipisahkan lagi dengan civitas akademika, mereka harus mampu menjawab tuntutan rakyat seperti ada kebijakan pemerintah yang menyengsarakan dan dianggap rezim dengan ide mereka yang berlawanan dengan kemauan rakyat sebagai agen perubahan dengan menghadirkan solusi, mereka dituntut menjadi agen penerus dengan kemampuan IQ dan EQ yang lumayan, serta mereka adalah kontrol sosial.

Lagi-lagi kampus menunggu para mahasiswa agar dapat menyelamatkan nyawanya dan menunggu kehadiran pahlawan baru sebagai pewaris dan penyambung tongkat estafet perjuangan senior-senior mereka seperti mahasiswa yang turut andil dalam perjuangan menyongsong kebebasan negeri mereka dari para penjajah, menunggu pewaris juang semangat mahasiswa–mahasiswa era 60 atau 98, dan agar makna mahasiswa itu bukanlah sebuah status saja. Alhasil mengutip perkataan wiji tukul seorang yang luar biasa dengan semangat juangnya yaitu 
Suara dibungkam kritik dilawan tanpa alasan dituduh subsersiv dan menganggu keamanan maka hanya ada satu kata yaitu lawan.

Penulis : Irjal


Post a comment

0 Comments