INFOGRAFIS

header ads

Peduli Lingkungan, Mahasiswa Teknik Informatika UHO Bangun Rumah Alam di SD 1 Ranomeeto

Foto bersama Mahasiswa, dosen IT dan siswa SDN 1 Ranomeeto. Foto Erick Herdiawan


LPM URITA, Kendari – Pengabdian Terhadap Masyarakat merupakan salah satu poin dari Tridharma Perguruan Tinggi. Melalui Program Kreatifitas Mahasiswa (PKM) KEMENRISTEKDIKTI, lima Mahasiswa Teknik Informatika Universitas Halu Oleo (UHO) Ricky Ramadhan (2015), Farid Fachroni (2015), Agus Priyogo (2015), Alisya Utriani (2015) dan  Dian Nirmala (2016) berhasil meloloskan proposal Pengabdiannya dengan judul “Rumah Alam Sebagai Media Pembelajaran Lingkungan Hidup Di SD Negeri 1 Ranomeeto Kabupaten Konawe Selatan.”(Pengumuman Kelolosan Proposal PKM, 03/04/2018).

Butuh waktu tiga bulan, Rumah Alam Karya beberapa mahasiswa Teknik Informatika tersebut akhirnya diresmikan (Selasa, 10/07/2018). Ketua Tim PKM, Ricky Ramadhan mengungkapkan pada peresmian Rumah Alam`para siswa juga disosialisasikan materi bagaimana merawat lingkungan sekolah dan sekitar kemudian diteruskan dengan kegiatan menanam bersama.

“Rumah alamnya itu terdiri dari vertical garden, tanaman hidroponik, dengan pemanfaatan barang bekas sebagai potnya. Pada peresmian rumah alam kami juga adakan sosialisasi lingkungan materinya bagaimana merawat lingkungan sekolah dan sekitar, belajar dirumah alam, dan ditutup dengan kegiatan menanam bersama.” Ungkap Ricky Ramadhan saat ditanya via whatshap.

Mahasiswa Teknik Informartika UHO tahun ke tiga ini menambahkan tujuan dari didakannya Rumah Alam sebagai salah satu media pembelajaran langsung yang melibatkan siswa dan juga sebagai nilai tambah sekolah dalam lomba Adiwiyata (Adiwiyata: Penghargaan Pemerintah bagi sekolah yang peduli dan berbudaya lingkungan).

“Siswa sangat butuh pembelajaran lingkungan yang harus ditanamkan sejak dini, jadi kami membuat rumah alam sebagai media pembelajaran langsung bagi siswa, dan rumah alam juga sebagai  nilai tambah sekolah dalam lomba adiwiyata.” Ungkap kembali Ricky Ramadhan.


Reporter          : Wahid
Editor              : Amal Buchari

Post a comment

0 Comments