INFOGRAFIS

header ads

KSR-PMI Unit UHO Gelar Donor Darah


Suasana donor darah KSR-PMI Unit UHO. Foto: Ahmad Akbar

LPM Urita, Kendari -Setetes darahmu adalah langkah nyata selamatkan sesama. Begitulah tema yang diangkat oleh  Korps Sukarela (KSR) Palang Merah Indonesia (PMI) Unit Universitas Halu Oleo (UHO) saat  menggelar donor darah di Gedung MKU (samping Sport Center UHO), 20/11/2018. 

Ratusan mahasiswa nampak antusias mendaftarkan diri sebagai pendonor. Beberapa di antaranya ada yang baru pertama kali melakukan donor darah. Alfin misalnya, salah satu mahasiswa UHO, yang mengaku melakukan donor darah untuk pertama kalinya. Menurutnya dengan donor darah dirinya telah turut membantu orang lain.

Sementaraa itu La Ode Alfath Zulkifli, selaku ketua pelaksana kegiatan  mengungkapkan selain sebagai syarat pengukuhan anggota baru KSR-PMI Unit UHO, kegiatan donor darah ini bermaksud untuk membantu sesama.

"Maksud dan tujuan kegiatan ini adalah mengarah ke sisi kemanusiaan, untuk membantu sesama. Nah, latar belakangnya, teman-teman panita merupakan anggota baru di keanggotaan di KSR-PMI Unit UHO. Salah satu syaratnya sebelum pengukuhan, harus buat kegiatan. Kemarin hari sabtu, kami laksankan seminar kesehatan tentang manfaat donor darah. Mindset-nya donor darah itu kan, banyak orang takut. Untuk  menyangkal mindset itu, kami adakan kegiatan ini." Ungkap La Ode Alfath Zulkifli.

Di kesempatan lain , Komandan KSR-PMI Unit UHO, La Ode Ahlun Wahid menuturkan kegiatan donor darah ini adalah bagian dari program kerja KSR-PMI Unit UHO  guna memenuhi kebutuhan stok darah di Kota Kendari.

"Saya selaku Komandan atau Ketua  Umum KSR-Unit UHO. Latar belakang  dari kegiatan ini, pertama adalah bagian dari program kerja, yang kedua untuk memenuhi stok darah di Kota Kendari. Kami selalu lakukan kerja sama minimal setiap bulan harus ada donor untuk memenuhi stok darah, kami biasanya setiap kali gelar donor itu bisa mengumpulkan 80 kantong darah." Tuturnya.

La Ode Ahlun Wahid juga menaruh harapan agar setiap lembaga lain lingkup UHO dapat menggelar kegiatan serupa dan sekiranya dapat berkoordinasi dengan KSR.

"Harapan kami, setiap fakultas atau pengurus lembaga-lembaga lain dapat mengadakan donor darah karena stok darah di Kota Kendari selalunya kurang, dalam satu hari itu, mungkin hari ini kita donor, malamnya lagi sudah habis lagi. Dan kami harus cari pendonor lagi. Karena kami terhubung dengan Rumah Sakit Provinsi yang notaben pasiennya dari luar daerah. sementara pusat darah ada di PMI. Walau sudah diadakan di PMI dan Bahteramas tapi tetap saja stok selalu kurang." Tambahnya

Hingga di penghujung kegiatan, ada sebanyak 160 orang yang mendaftarkan diri sebagai calon pendonor. Namun, hanya 65 orang saja yang berhasil mendonorkan darahnya.
 
Reporter : Ahmad Akbar
Editor : La Ode Abdul Wahid

Post a comment

0 Comments