INFOGRAFIS

header ads

Tips Untuk Mahasiswa Yang Tidak Mampu Bayar Kos

Ilustrasi. Sumber : suaramahasiswa.info

Dunia pendidikan semakin merucingkan diri ke arah liberalisasi. Pendidikan tak lagi searah untuk mencerdaskan kehidupan bangsa. Sekolah untuk rakyat suatu kalimat usang. Di era yang serba susah ini, bagi yang tidak mampu tentu akan berpikiran, “Sekolah kini untuk orang berduit belaka.”

Kacamata kampus bisa dibilang kabur. Buktinya, terkadang kampus menempatkan UKT tidak pada tempatnya. Yang kaya direndahkan. Yang miskin ditinggikan.  Saya menyaksikan semua itu di sini. Orang bilang UHO BISA JAGAD KITA. (B = bersih,I = Indah, S = sejuk, A = aman, J = jujur, A= adil, G = gotong royong, A = adaptif, D = disiplin, K = kreatif, I = inovatif, T = toleran, A = amanah).

Kumpulan kata terpuji sejak dalam semboyan. Tidak tahu apakah semboyan itu menyeruak di kehidupan berkampus UHO. Tapi woles lah, yang berbuat siapa, yang tanggung siapa. Nanti hari akhir saja lah yang jawab.

Nah, di kesempatan kali ini, saya sebagai Prof. Nihil Solution ingin berbagi kiat-kiat kepada para mahasiswa UHO kategori kurang mapan. Sudah begitu, tidak masuk pula dalam radar bidikmisi. Parahnya, UKT yang didapat cukup mengagetkan jumlahnya. Ini baru namanya ketidak beruntungan pangkat dua. Siapa yang berulah, jelas mereka itu yang melakukannya. Cukup dipendam saja, doakan saja, semoga rizki mereka terus bertambah, begitupun dosa mereka.

Inilah beberapa kiat yang dapat dicoba oleh kalangan mahasiswa rantau kategori tak mampu ngekos atau bayar kos alias pengen tinggal gratis.

1. Menjadi Anak Tinggal

Menjadi anak tinggal bisa ditempuh oleh mahasiswa kurang mampu. Tuan rumah yang kita tuju bisa dari kerabat dekat maupun orang-orang yang dihasilkan dari gosip-gosip tetanggasiapa saja yang sudi menerima kita sebagai anak tinggal. 

Kendala nomor wahid yang akan mengganjal yakni kita akan susah bagi waktu. Tugas rumah yang menumpuk, tugas kuliah juga tak mau kalah dan tak lupa, waktu janjian bersama pacar ikut nimbrung mengultimatum (terkhusus yang punya pacar). Cara ini sungguh sangat tidak nikmat bagi para individu penikmat jiwa bebas. Tapi kalau sudah terpaksa, ini bisa jadi pilihan sulit. Silahkan mencoba. 

2. Aktif di Organisasi

Abaikan ilmu organisasinya, yang penting itu kita bisa  tinggal gratis di sekretnya. Jadikanlah ini motivasi terbesar untuk menggerakan diri bergabung dalam suatu organisasi. Jangan jadikan organisasi sebagai musuh penghambat kuliah tapi jadikanlah organisasi penyelamat nasibmu di daerah rantau. Agar tidak salah tempat, sebelum masuk di sebuah organisasi, koreklah dulu informasi mengenai ada dan tidaknya sekret organisasi yang hendak kita masuki. Jika ada, jangan tunda dan segera masuk. Jika tidak, lekas cari organisasi lain. Karena tujuanmu bukanlah mencari ilmu tapi untuk mencari tempat tinggal gratis. Jangan pernah lupakan itu.

3. Tinggal di Tempat Kerja

Engkau suka kerja ? Jika ya, carilah tempat kerja yang siap menampung tenaga sekaligus barang-barangmu serta dapat menyediakan kamar untukmu. Kendala utamanya, jarang sekali kita akan mendapati tempat kerja yang jadwalnya tidak berbenturan dengan jadwal kuliah. Kalau ada, berarti anda beruntung. 

4. Numpang di Kos Teman

Kata orang, banyak teman itu bagus. Tidak salah lagi, kita  boleh coba untuk memultifungsikan teman. Teman tak sekedar sasaran berbagi canda maupun duka. Ruang kamar pun jadi target untuk dibagi. Tapi tidak semua teman yang sudi menampung kita. Maka dari itu carilah banyak teman sampai ada yang siap menampungmu di kamarnya.

5. Pacaran dengan Ibu Kos

Sedikit nakal dan di luar norma kewajaran.  Tapi kalau sudah kepepet, anda bisa mencoba cara ini. Agar tidak terlalu  terlihat memalukan, anda harus lebih dulu mensurvei kos-kos yang ada di sekitaran kampus yang pemiliknya itu adalah seorang janda muda. Karena, jika wanita bersuami tentu yang punya kos nya bukanlah dia, tapi suaminya. Jadi anda harus cermat saat mencari. Tapi harus diingat, targetnya itu adalah seorang janda yang bukan kategori pelit.

Demikianlah kiat-kiat yang dapat saya tawarkan, semoga bermanfaat dan dapat  menghibur. Tulisan ini dilindungi oleh undang-undang. Jangan asal copy paste tanpa mencantumkan link sumbernya. Tapi jika ingin dibagikan ke media sosial anda, itulah yang saya harapkan.


Penulis : Prof. Nihil Solution 

Tulisan ini adalah tulisan perdana untuk rubrik baru di www.lpmurita.com yakni rubrik Tips & Trik. Yang berisi kiat-kiat untuk mengatasi segala permasalahan yang melanda mahasiswa lingkup UHO. Jika anda tertarik berbagi tips & trik, silahkan menulis dan jangan lupa kirim ke email redaksi kami: redaksilpmurita@gmail.com.

Peringatan: jangan pernah mengirimkan kami tulisan hasil copy paste, alasannya, kreatif sedikit kunae.

Post a comment

0 Comments