INFOGRAFIS

header ads

Buku Saku Filsafat Islam


Judul : Buku Saku Filsafat Islam
Penulis : Haidar Bagir
Jumlah Halaman : 214
Penerbit : Mizan
Tahun terbit : Maret 2006

Haidar Bagir dalam karyanya ini membahas mengenai filsafat islam secara khusus. Dalam penjabarannya, filsafat islam yang dipergunakan dalam buku ini dibatasi pada makna tradisionalnya. Buku ini juga membahas secara ringkas mengenai pemikiran islam yang berkembang diakhir abad ke-19 sampai saat ini.  Haidar juga memperkenalkan para filosof islam beserta latar belakang dan karyanya. Tidak sedikit pula dalam buku ini dia membandingkan pemikiran filosof muslim dan filosof yunani.  Selain itu dia juga menjelaskan beberapa turunan filsafat Islam ke dalam bab-bab di buku ini.

Meskipun mendapat pertentangan dengan adanya filsafat islam dari beberapa ulama muslim. Haidar menyakini bahwa filsafat islam bukanlah sesuatu bid'ah yang bisa menyesatkan. Penulisannya akan berfilsafat dituangkannya pada bab awal bahwa manusia modern mengalami kehampaan spiritual, krisis makna diakibatkan dilepaskannya filsafat dari ilmu-ilmu lainnya.

Kelebihan : Buku ini merupakan hasil revisi dari versi sebelumnya. Yangmana istilah-istilah yang tak dikenali telah dijelaskan lebih awal pada halaman glosarium.

Kekurangan : buku ini masih perlu menjabarkan dalam bentuk catatan kaki mengenai kalimat yang sukar dipahami sehingga tidak menjadi bias penafsiran.

Untuk kenyamanan anda dalam membaca topik seperti ini sebaiknya anda mempunya mentor yang memahami ilmu filsafat sehingga dapat menjelaskan perihal kalimat-kalimat yang sukar anda pahami.

Sahrul Husu

Post a comment

0 Comments