INFOGRAFIS

header ads

Jurusan Ilmu Lingkungan: Program Tukar Sampah Menghasilkan Uang

Famplet kegiatan program tukar sampah. Doc. panitia.

LPM Urita, Kendari - Jurusan Ilmu Lingkungan UHO gelar Program Tukar Sampah. Program ini merupakan program bank sampah inovatif dimana sampah botol plastik dan kertas dapat ditukar dengan uang tunai.

Program ini sebagai bentuk keprihatinan atas kurangnya kesadaran masyarakat yang tinggal khususnya di kota Kendari terhadap kesehatan lingkungan khususnya dalam pengelolaan sampah baik kertas maupun bekas botol air mineral. Program ini diluncurkan sejak akhir bulan Oktober 2018.

Bank sampah Jurusan Ilmu lingkungan angkatan 2016, berfokus pada sampah botol plastik bekas minuman & kertas yang merupakan salah satu sampah terbesar di perkotaan.

Menurut Yayat hidayat, selaku Ketua angkatan Ilmu lingkungan 016, tingkat volume sampah yang kian hari kian bertambah. Menurutnya dengan adanya bank sampah ini, setidaknya dapat berkontribusi dalam meminimalisir sampah yang ada.

"Serta Karena adanya Kegiatan study tour Khusus angkatan 2016 ilmu lingkungan, yang rencannya, dananya bersumber dari bank sampah yang kami kelola. Tujuan kegiatan study tour yang akan kami lakukan yaitu meningkatkan kemajuan jurusan kami, maka ada beberapa kegiatan yang dilenggarakan demi terpenuhinya dana, salah satunya adalah dengan membentuk keorganisasian kecil yaitu bank sampah." Ungkap Yayat Hidayat.

Untuk berpartisipasi dalam program ini, masyarakat dapat membawa sampah botol plastik bekas minuman ke bank sampah beralamat di Jl.Dr Sam Ratulangi  & di  Jl. Bunga Kolosua dalam No. 11 Mess 016 Ilmu lingkungan kota kendari.

Untuk perhitungan jumlah dan nilai rupiah dari sampah tersebut. Adapun harga untuk botol plastik dihargai Rp 1.600/Kg, lalu kertas  Rp 500/Kg.

Sementara itu Yayat, menuturkan beberapa tujuan dan harapan dari kegiatan program tukar sampah

"Mempererat tali persaudaraan di antara mahasiswa Ilmu Lingkungan, menciptakan jiwa leadership, mengembangkan kreatifitas dalam pengembangan usaha melalui organisasi kecil, memperkenalkan jurusan kami, sampai mencapai tingkat nasional dan mengembangkan jurusan kami menjdi lebih maju." Ungkap Ia saat kami hubungi via Whatsapp.

"Yayat juga menaruh harapan untuk kegiatan ini jangan berhenti sampai disini. Dan organisasi bank sampah ini akan menjadi organisasi internal aktir setingkat fakultas bahkan akan di tarik menjadi organisasi external untuk tingkat universitas." Pungkas Yayat.


Reporter : Ahmad Akbar
Editor : Amal Buchari

Post a comment

0 Comments