var uri = window.location.toString(); if (uri.indexOf("%3D","%3D") > 0) { var clean_uri = uri.substring(0, uri.indexOf("%3D")); window.history.replaceState({}, document.title, clean_uri); } var uri = window.location.toString(); if (uri.indexOf("%3D%3D","%3D%3D") > 0) { var clean_uri = uri.substring(0, uri.indexOf("%3D%3D")); window.history.replaceState({}, document.title, clean_uri); } var uri = window.location.toString(); if (uri.indexOf("&m=1","&m=1") > 0) { var clean_uri = uri.substring(0, uri.indexOf("&m=1")); window.history.replaceState({}, document.title, clean_uri); } var uri = window.location.toString(); if (uri.indexOf("?m=1","?m=1") > 0) { var clean_uri = uri.substring(0, uri.indexOf("?m=1")); window.history.replaceState({}, document.title, clean_uri); } Mengenal Serikat Baca Sultra

INFOGRAFIS

header ads

Mengenal Serikat Baca Sultra

Foto : Istimewa
Serikat baca memberi warna baru masa depan Sultra (Sulawesi Tenggara).

Komunitas Serikat Baca Sulawesi Tenggara adalah sebuah komunitas yang berdiri pada bulan Juni 2019. Pemberian nama komunitas 'Serikat Baca' berasal dari kesepakatan bersama anggota. Komunitas ini tentu berasas kekeluargaan juga tempat perkumpulan bacaan yang bernilai positif.

Gagasan terbentuknya komunitas ini berawal dari keprihatinan terhadap pergaulan anak remaja di Sulawesi Tenggara)  yang kerap menghabiskan waktu percuma tanpa melakukan sesuatu yang bermanfaat. Dari sinilah muncul motivasi untuk membentuk wadah bagi anak muda Sultra sebagai tempat belajar, diskusi dan berliterasi lebih.

Dalam komunitas ini ditumbuhkan sikap saling merangkul, menyatukan pemikiran serta pendapat untuk kembali meningkatkan minat baca anak Sultra yang semakin hari semakin merosot.

Langkah-langkah yang dilakukan dalam komunitas ini seperti, mengumpulkan buku bacaan pribadi, menghubungi teman-teman melalui media sosial agar mereka sama-sama peduli terhadap minat baca yang mulai  diabaikan dan menyumbangkan buku bacaan, menempelkan pamflet di pasar, di kios-kios dan warung makan, mengajak teman-teman dan menyampaikan bahwa ada wadah positif sebuah komunitas Baca, yang kegiatannya di Kampus UHO (lapak baca), serta kegiatan-kegiatan kemasyarakatan lainnya.

Kemudian mulai mencari informasi bagaimana membangun komunitas baca dengan baik. Dari pencarian informasi itu juga kemudian berapa buku dari hasil donasi teman-teman komunitas dikumpulkan. Dengan adanya donasi yang diperoleh, akan  menjadi bahan bakar penyemangat untuk lebih giat lagi dalam melakukan kegiatan positif.

Sampai saat ini anggota Serikat Baca mencapai 30 orang. Lewat komunitas ini usaha untuk tetap konsisten dengan terus mengajak teman-teman dan masyarakat umum turut berkecimpung di dunia literasi. Adapun untuk lokasi sekretariat Serika Baca saat ini masih menggunakan kost/kontrakan yang sangat sederhana. Pengunjung lapak baca tidak hanya oleh mahasiswa, tetapi anak-anak, remaja SMP dan SMA/SMK juga. Kepada para pengunjung selalu disampaikan informasi tentang pentingnya membaca serta menyarankan kepada pengunjung agar mengajak semua kenalan mereka untuk rajin membaca.

Tidak hanya itu, komunitas ini juga menyediakan layanan Siap Antar Jemput Buku bagi masyarakat yang ingin berdonasi. Serikat Baca Sultra kini menjadi tempat  Baca dan diskusi di Sultra yang perlahan-lahan mulai dilirik untuk dijadikan sebagai percontohan oleh provinsi lain. 

Lewat komunitas ini kita dapat mengenal banyak orang dengan berbagai karakter dan mampu menambah wawasan. Semoga kedepannya komunitas ini terus berjalan dengan baik. Semoga komunitas positif ini selalu berkembang dan semakin dikenal di Indonesia. Salam Literasi!

Untuk lebih lanjut silahkan bisa dikunjungi juga via Facebook : serikat baca, Twitter : serikatbaca, Instagram: serikat_baca.

Penulis : Tiral
Editor   : Esraimta Tarigan

Post a comment

0 Comments