INFOGRAFIS

header ads

Resahkan UKT UHO, Ratusan Mahasiswa UHO Blokir Jalanan untuk Kampanye

Foto : Istimewa

LPM Urita, Kendari - Kembali protes persoalan Uang Kuliah Tunggal, Aliansi Rakyat Anti Kapitalis Pendidikan yang merupakan gabungan mahasiswa dari berbagai fakultas di Universitas Halu Oleo (UHO) melakukan aksi demonstrasi di pertigaan kampus baru UHO Kota Kendari pada hari Kamis, (20/06/2019).

Koordinator lapangan Yusuf bonte menjelaskan terkait penerapan pembiayaan kuliah per semester atau sering disebut uang kuliah tunggal dinilai sangat merugikan masyarakat dan berpotensi terjadinya kecurangan didalamnya.

"Penerapan uang kuliah tunggal itu sebenarnya sangat merugikan rakyat Indonesia, karena sangat bertentangan dengan UUD, kemudian tak terkecuali di UHO. Coba kita bayangkan saja sedangakan UU PTN sudah sangat merugikan rakyat, apalagi penetapan UKT di UHO saat ini dilipat gandakan dari nominal yang telah di tetapkan oleh KEMENRISTEK DIKTI, dan yang masuk di kas kementrian sesuai SK kementerian yah ini membuktulikan bahwa terjadi kecurangan di dalamnya.” Jelasnya saat dihubungi via seluler.

Selanjutnya Yusuf bonte juga menerangkan bahwa aksi yang dilakukan adalah bentuk kampanye kepada seluruh masyarakat dan Pemerintah Daerah Sulawesi Tenggara agar bisa memperhatikan terkait persoalan pembiayaan pendidikan yang terjadi dalam cakupannya.

“Kemudian hari ini kami dari aliansi rakyat anti kapitalis lagi-lagi  turun kejalan untuk menyuarakan persoalan itu, tujuan dari aksi kami hari ini adalah bentuk kampanye kepada seluruh masyarakat agar rakyat sadar bahwa telah diperbodohi dan dipermainkan oleh birokrasi kapitalis, kemudian memblokir pertigaan kampus baru itu dengan tujuan bahwa Pemda Sultra harus bertanggung jawab atas salah satu instansi pendidikan yang ada di Sultra, jikalau Pemda tidak mengindahkan persoalan ini maka aksi seperti hari ini akan terus terjadi, yaitu pemblokiran secara terus-menerus.” Terangnya.

Reporter : Esraimta Tarigan


Post a comment

0 Comments